Terkait Kericuhan di PN, HMI Bulukumba Angkat Suara

Ketua Umum HMI Bulukumba, Asyraful Rijal

Ketua Umum HMI Bulukumba, Asyraful Rijal. (Foto: Ist)

Bulukumba, PANRITA.News – Kericuhan terjadi di halaman Kantor Pengadilan Negeri (PN) Bulukumba Selasa (11/06/2019) yang bermula dari emosi massa yang tak mampu membendung emosi kepada pelaku pembunuhan yang tengah menjalani persidangan saat itu.

Hal tersebut menuai respon dari HMI Bulukumba, Melalui Kabid PTKP Baso Riswandi, Ia menyampaikan tiga poin yang seharusnya menjadi perhatian institusi pengamanan.

Poin pertama menurut Baso, tentunya menjadi catatan kecil bagi institusi pengamanan, lemahnya dalam hal membaca situasi dan memahami kondisi.

“Sehingga yang terjadi massa leluasa melakukan pengrusakan yang seharusnya ketika ada pergerakan massa yang jumlahnya banyak tentunya pihak pengamanan dalam hal ini Polri harus melakukan pengaman ekstra agar tidak ada gerakan merugikan salah satu pihak,” ucapnya, Rabu (12/06/2019).

Poin kedua, Jika benar, penyebab terjadinya kericuhan adalah karna adanya penembakan yang dilakukan oleh oknum kepolisian kepada salah satu massa yang hadir di PN bulukumba, maka tentunya oknum tersebut harus di tindak secara tegas dan secara kelembagaan (HMI) kami mengecam hal tersebut.

“Poin ketiga adalah meminta polres bukukumba untuk segera mengusut tuntas pelaku kericuhan di PN bulukumba dan kapolres harus menklarifikasi terkait anggotanya yang melakukan penembakan. Karena Hal ini menjadi riak di masyarakat dan tentunya kita semua tak menginginkan hal demikian terjadi lagi. Mari kita bersama menjaga stabilitas keamanan di bulukumba,” imbuhnya.

Selain itu, Ketua Umum HMI Bulukumba, Asyraful Rijal juga mengatakan bahwa HMI akan selalu hadir ketika melihat ketimpangan yang terjadi di masyarakat

“Terkait kasus ini, kami menyerahkan sepenuhnya kepada pihak berwenang untuk menyelesaikan hal ini. Jangan lagi ada “cowboy” yang berkeliaran,” tutup Rijal.

Tinggalkan Komentar