Rayakan Idul Fitri, Jamaah An-Nadzir Harap Suci Kembali

Jemaah An Nadzir (Foto: Yahya Maulana/detikcom)

Jamaah An Nadzir (Foto: Yahya Maulana/detikcom)

Gowa, PANRITA.News – Jamaah An Nadzir di Gowa, Sulawesi Selatan, merayakan Idul Fitri lebih awal. Mereka telah melaksanakan salat Id hari ini.

Salat Idul Fitri di halaman Masjid Baitul Muqaddis, Kelurahan Romang Lompoa, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Senin (3/6/2019).

“Salat Id ini dilakukan setelah penetapan 1 Syawal yang jatuh hari ini setelah perhitungan memantau bulan dan tanda-tanda alam,” kata Ketua Dewan Pengawas dan Penanggung Jawab Pendidikan dan Pembangunan Jamaah An-Nadzir Gowa, M Samiruddin Pademmui usai salat Idul Fitri 1440 H.

Menurut dia, penetapan 1 Syawal itu dengan melihat bulan purnama pada penanggalan syamsiah 14, 15 dan 16, lalu menghitung mundur sebelum tiga hari terakhir bulan Syaban. Pada saat itu mengamati terbitnya fajar siddiq. Selain itu, juga dapat mengamati dengan melihat tanda-tanda alam lainnya seperti puncak air laut pasang atau pasang konda atau arah angin bertiup.

Lebih lanjut Samiruddin Pademmui mengatakan makna Idul Fitri bagi jamaah An-Nadzir yaitu kembali bersih dari dosa dan suci seperti bayi yang baru lahir. Diharapkan jamaah An-Nadzir dapat suci kembali di hari yang fitri ini.

“Makna Idul Fitri ini kan supaya kita lahir suci kembali bagaikan bayi yang baru lahir dari rahim ibu yang terhapus dosanya dan diampunkan oleh Allah. Sehingga suci bersih sehingga bagaikan bayi yang baru lahir seperti itu dan sebagainya. Insya Allah,” kata Samir usai membawakan ceramah Idul Fitri.

Sekadar diketahui, sejarah An-Nadzir berawal dari kedatangan seorang ulama bernama KH Syamsuri Abdul Madjid ke Sulawesi Selatan pada 1998. Syamsuri mendirikan majelis Jundullloh dan mendapat banyak pengikut.

Selanjutnya nama berubah menjadi An-Nadzir di tahun 2002 untuk membedakan dengan Laskar Jundulloh pimpinan Agus Dwikama. Jamaah ini lelakinya dikenal dengan ciri-ciri rambut pirang serta pakaian dan sorban serba hitam. Sedangkan yang wanita menggunakan jilbab besar.

Tinggalkan Komentar