Data Situng Capai 70%, Prabowo Tertinggal 13,5 Juta Suara

PRABOWO SUBIANTO SELAKU CAPRES NOMOR URUT 2 MEMBERIKAN PAPARAN MENGENAI HASIL QUICK COUNT DI RUMAH BPN, KARTANEGARA, JAKARTA (17/4). (Foto. KATADATA)

Makassar, PANRITA.News – Data Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) pada Pilpres 2019 yang diunggah KPU RI di laman pemilu2019.kpu.go.id, masih terus bergerak.

Hingga pukul 21.00 WITA, Selasa (7/5/2019), telah mencakup 70 persen lebih tempat pemungutan suara (TPS) dalam pemilihan presiden. Hasilnya calon petahana Joko Widodo makin jauh meninggalkan rivalnya Prabowo Subianto.

Jokowi-Ma’ruf, untuk sementara mendapatkan 60,62 juta suara atau 56,27 persen, sementara pasangan Prabowo-Sandiaga Uno mendapatkan 47,11 juta suara atau 43,73 persen.

Dengan kata lain, Prabowo tertinggal 13,51 juta suara dengan hanya tersisa 30 persen dari 813.350 TPS yang belum direkapitulasi di menu tersebut.

Saat ini, rekapitulasi suara Pilpres dan Pemilu 2019 sudah dilakukan di tingkat provinsi, beberapa di antaranya sudah selesai.

Dalam disclaimer Situng, KPU menyatakan bahwa data entri yang ditampilkan pada Menu Hitung Suara adalah data yang disalin apa adanya/sesuai dengan angka yang tertulis pada Salinan Formulir C1 yang diterima KPU Kabupaten/Kota dari KPPS.

Apabila terdapat kekeliruan pengisian data pada Formulir C1, dapat dilakukan perbaikan pada rapat pleno terbuka rekapitulasi di tingkat kecamatan.

Apabila terdapat perbedaan data antara entri di Situng dan Salinan Formulir C1, akan dilakukan koreksi sesuai data yang tertulis di Salinan Formulir C1.

Data yang ditampilkan di Situng bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara. Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam rapat pleno terbuka.

Tinggalkan Komentar