FC Porto Singkirkan AS Roma dari Liga Champions

Porto, PANRITA.News –¬†Porto¬†akhirnya berhasil mengalahkan AS Roma di leg kedua 16 besar Liga Champions yabg digelar di di Estadio do Dragao, Kamis (7/3/2019) dinihari WITA. Porto menang 3-1 setelah menjalani laga perpanjangan waktu.

Porto yang harus membalikkan keadaan setelah di leg pertama menelan kekalahan 1-2 dari Roma, pada pertandingan ini tampil ngotot sejak awal.

Gol tim tuan rumah baru datang di menit ke-26 lewat Tiquinho. Roma bisa membalas lewat penalti Daniele De Rossi untuk membawa skor 1-1 hingga turun minum.

Porto unggul 2-1 di menit ke-52. Gol Moussa Marega membawa agregat berimbang 3-3 hingga 90 menit tuntas.

Laga berlanjut ke 2×15 menit. Dalam periode ini, Porto berhasil menambah gol lewat titik penalti yang dieksekusi Alex Telles.

Kemenangan 3-1 membawa Porto ke perempatfinal. Klub asal Portugal ini menang agregat 4-3.

Review Pertandingan

Porto langsung melancarkan serangan di awal babak pertama. Percobaan Jesus Manuel Corona lewat tembakan dengan kaki kanan dari luar kotak penalti masih melambung di atas gawang.

Corono kembali melepas tembakan dari luar kotak penalti di menit ke-10. Lagi-lagi masih gagal setelah bola bisa diblok.

Roma masih sangat solid dalam bertahan meski terus dikurung Porto. Tim asal Italia itu memaksa lawan untuk terus melepaskan tembakan dari luar kotak penalti.

Roma mendapat peluang di menit ke-19. Ivan Marcano melepas sundulan ke arah kanan memanfaatkan umpan silang Aleksandar Kolarov, namun bola masih menyamping dari gawang.

Usaha Porto baru membuahkan hasil di menit ke-26. Tiquinho Soares lepas dari posisi offside untuk melesakkan gol dari umpan Moussa Marega.

Porto dihukum penalti pada menit ke-37 setelah Diego Perotti dilanggar. Daniele De Rossi maju sebagai eksekutor untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Tim tuan rumah langsung kembali bereaksi. Serangan dilancarkan pada menit ke-39 lewat tembakan Danilo Pereira dari luar kotak penalti, tapi bola belum mengarah ke gawang.

Jelang turun minum, Hector Herrera melepas tembakan dari luar kotak penalti. Bola yang meluncur ke sudut kiri gawang masih bisa ditepis. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Porto langsung dapat peluang emas saat babak kedua baru berjalan empat menit. Bola sundulan Marega dari jarak dekat masih melambung di atas gawang.

Di menit ke-52, Porto berhasil unggul 2-1. Marega melesakkan gol dari jarak dekat setelah menuntaskan umpan dari Corona.

Roma meningkatkan serangannya setelah kebobolan gol kedua. Sementara itu, Porto bermain sedikit keras di lini tengah dengan beberapa kali wasit meniup peluit tanda pelanggaran.

Edin Dzeko mengancam pertahanan Porto di menit ke-71. Sundulan pemain asal Bosnia-Herzegovina itu masih sedikit melenceng dari target.

Tak ada gol tambahan hingga laga 90 menit tuntas. Pertandingan pun harus berlanjut ke tambahan waktu 2×15 menit setelah agregat 3-3.

Babak pertama tambahan waktu berjalan alot, meski Porto punya peluang emas dari Marega. Skor masih 2-1 untuk Porto sampai berlanjut ke 15 menit kedua.

Roma mendapat peluang emas di menit ke-111. Dzeko, yang sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper langsung melepaskan tembakan chip. Bola masih belum masuk ke gawang Porto setelah berhasil disapu oleh Pepe.

Porto mendapat hadiah penalti setelah Alessandro Florenzi menarik jersey lawan. Wasit mengambil keputusan itu setelah melihat ulang insidennya lewat VAR.

Alex Telles maju sebagai eksekutor. Bola tembakannya meluncur mulus masuk ke gawang Roma. 3-1 Porto unggul di menit ke-117.

Tak ada gol tambahan hingga laga tuntas. Porto ke perempatfinal setelah menang agregat 4-3.

Susunan Pemain:

Porto: Casillas; Militao, Felipe, Pepe, Telles; Otavio, Danilo Pereira, Herrera, Jesus Corona; Marega, Soares.

Roma: Olsen; Juan Jesus, Manolas, Marcano; Karsdorp, Nzonzi, De Rossi, Kolarov; Zaniolo, Dzeko, Perotti.

Leave a Reply