Menang Tipis 1-0 di Kandang Dortmund, Tottenham ke Perempatfinal

Dortmund, PANRITA.News –¬†Tottenham Hotspur¬†ke perempatfinal Liga Champions usai memetik kemenangan dari Borussia Dortmund di Signal Iduna Park, Rabu (6/3/2019) dinihari WITA.

Hasil itu membuat Tottenham melaju ke delapan besar dengan agregat 4-0 setelah sebelumnya manang kandang 3-0.

Die Borussen banyak menciptakan peluang di babak pertama. Namun, tak ada yang berbuah gol setelah Hugo Lloris tampil oke.

Petaka datang ke Dortmund di awal babak kedua. Tottenham mencetak gol lewat Harry Kane. Dortmund gagal melesakkan satu pun gol di sisa waktu dan laga tuntas dengan skor 1-0.

Hasil ini mengantarkan Tottenham ke perempatfinal dengan agregat 4-0, setelah pada pertemuan pertama menang 3-0.

Review Pertandingan

Ancaman pertama dari Dortmund datang pada menit keenam. Jadon Sancho mengirim umpan silang dari sayap kanan, bola meluncur ke mulut gawang, namun Jan Vertonghen dengan sigap melakukan halauan.

Empat menit berselang Sancho dan Reus melakukan kerja sama di sisi kanan area penalti Tottenham. Sancho gagal melepas umpan tarik dengan sempurna. Bola meluncur keluar lapangan.

Peluang bagus Dortmund datang pada menit ke-22. Reus menyambar umpan tarik dari Raphael Guerreiro, yang arah bolanya masih bisa diselamatkan oleh Hugo Lloris.

Ancaman pertama Tottenham datang saat laga sudah berjalan setengah jam. Son Heung-min lepas dari posisi offside untuk kemudian berhadapan satu lawan satu dengan Roman Burki. Bola ditembak oleh Son namun arahnya masih sedikit melebar.

Dortmund mendapat empat peluang di menit ke-33. Sundulan Julian Weigl berhasil ditepis Lloris. Weigl kembali menyambar bola rebound, namun bisa diblok lawan. Dua peluang lainnya datang dari Reus dan Mario Goetze. Bola bisa diblok Moussa Sissoko dan ditepis Lloris.

Dortmund masih terus mengurung pertahanan Tottenham jelang turun minum. Bola dialirkan ke berbagai sisi untuk mencari celah masuk kotak penalti, namun tak kunjung berhasil. Babak pertama pun tuntas tanpa gol.

Dortmund kembali langsung menggedor di awal babak kedua. Paco Alcacer mengirim umpan lob ke sisi kanan area penalti Tottenham, yang disambut oleh Reus. Kapten Die Borussen itu melanjutkannya dengan umpan tarik ke mulut gawang, namun bola gagal disambar oleh rekan setimnya.

Alih-alih mencuri gol, Dortmund malah kebobolan di menit ke-48. Harry Kane lepas dari perangkap off-side setelah menerima umpan terobosan dari Sissoko. Striker asal Inggris itu lantas berlari ke kotak penalti Dortmund, sebelum melepaskan tembakan akurat ke pojok kanan gawang.

Tak ada pilihan lain untuk Dortmund selain menyerang total setelah tertinggal 0-1. Situasi ini bikin tim tuan rumah harus membalas dengan lima gol.

Christian Pulisic, yang sempat diragukan tampil karena belum fit, akhirnya dimasukkan oleh pelatih Lucien Favre. Gelandang asal Amerika Serikat itu menggantikan Guerreiro.

Perubahan pemain belum berpengaruh besar untuk serangan Dortmund. Di saat bersamaan Tottenham sangat rapat dalam bertahan.

Pulisic dapat peluang pertamanya di menit ke-75. Memanfaatkan umpan silang, Pulisic menyundul bola dalam posisi bebas. Belum menghasilkan gol setelah arah bola sedikit melayang di atas gawang.

Tottenham menumpuk sembilan pemain di sepertiga akhir wilayahnya sendiri. Kane dibiarkan menggantung sendirian di depan untuk melancarkan serangan balik.

Dortmund lebih banyak cuma mengalirikan bola dari kanan ke kiri. Mereka kesulitan melakukan tusukan setelah banyaknya pemain lawan di pertahanan.

Tak ada gol tambahan hingga laga tuntas. Tottenham berhak lolos ke perempatfinal.

Susunan Pemain:

Dortmund: Roman Burki; Marius Wolf, Manuel Akanji, Abdou Diallo, Raphael Guerreiro; Julian Weigl, Axel Witsel; Jadon Sancho, Mario Goetze, Marco Reus; Paco Alcacer.

Tottenham: Hugo Lloris; Toby Alderweireld, Davinson Sanchez, Jan Vertonghen; Serge Aurier, Harry Winks, Moussa Sissoko, Ben Davies; Harry Kane, Son Heung-min.

Leave a Reply