Humas Pemkot Makassar Gencar Sosialisasi Pencegahan Demam Berdarah

Coffee morning dialog rutin Humas Pemkot Makassar di Celebes Cafe, Jalan Arif Rate, pada Selasa (12/2/2019).

Coffee morning dialog rutin Humas Pemkot Makassar di Celebes Cafe, Jalan Arif Rate, pada Selasa (12/2/2019).

Makassar, PANRITA.News – Pemerintah Kota Makassar melalui bagian Hubungan Masyarakat (Humas) adakan coffee morning dialog rutin dengan mengangkat tema “Kenali DBD, Pencegahan dan Cara Mengatasinya” di Celebes Cafe, Jalan Arif Rate, pada Selasa (12/2/2019).

Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Makassar, A. Mariani yang hadir sebagai narasumber menjelaskan terkait bahaya dari gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang mengandung virus, karena dapat mengakibatkan kematian.

“Nyamuk ini berkembang biak di lingkungan rumah, sekolah, dan tempat umum, khususnya tempat yang digenangi air, apalagi seperti saat penghujan sekarang ini ,” jelasnya.

Untuk mengatasinya, kata Mariani, yaitu dengan membersihkan tempat berkembang biaknya nyamuk, seperti di tempat penampungan air, utamanya yang banyak bertebaran di lingkungan sekitar.

Sedangkan cara lainnya yakni dengan upaya Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) seperti melakukan kegiatan Menguras, Menutup tempat penampungan air, Mendaur ulang sampah, serta Memantau jentik di lingkungan sekitar (4M).

“Pemberantasan nyamuk dapat pula dilakukan dengan melakukan fogging pengasapan. Hal ini dapat membunuh larva atau jentik nyamuk, terutama nyamuk dewasa sehingga pada akhirnya metamorfosa dari nyamuk tersebut bisa dimusnahkan,”,jelasnya. (*)

Leave a Reply