KKB Berulah Lagi, 1 Prajurit TNI Tewas Tertembak Saat Bawa Bantuan Logistik

Jayapura, PANRITA.News –┬áKelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua kembali berulah. Pesawat Enggang Air Service yang tengah membawa bantuan logistik berupa bahan makanan ditembaki oleh kelompok bersenjata ini, Senin (28/1/2019) siang.

Hal itu dibenarkan oleh Kapendam XVII/Cendrawasih Kolonel Infanteri Muhammad Aidi,

“Bawa logistik atau bahan maknanan sebanyak 1.100 kg sebagai bantuan sosial. Satuan Yonif RK 751/VJS yang sedang melaksanakan pengamanan di Distrik Mapenduma, segera melaksanakan pengamanan Bandara,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin (28/1/2019).

Pesawat tersebut terbang dari Bandara Kenyam menuju Mapenduma, Nduga, Papua. Di dalam pesawat terdapat Bupati Nduga Yarius Gwijangge, Kadistrik Mapenduma Toni Gwijangge dan Kadistrik Kagayam Jonatan Kogoya.

“Sebelum pesawat mendarat tiba-tiba mendapatkan serangan tembakan dari arah ketinggian sebelah kanan di sekitar bandara. Pasukan TNI segera membalas tembakan sehingga terjadi kontak tembak antar TNI dan KKB,” ujar Muhammad Aidi.

Kontak senjata tersebut berhasil membuat KKB mundur dan melrikan diri ke arah hutan dan pesawat pun mendarat dengan aman. Namun seorang prajurit bernama Praka Nasruddin tertembak di bagian perut kanan.

“Teman-temannya berusaha memberikan pertolongan pertama, dan segera dievakuasi ke Timika. Pukul 12.50 WIT pesawat Enggang Air Service take off dari Bandara Mapenduma menuju Bandara Timika dengan membawa korban dan dua prajurit pendamping dengan diantar langsung oleh Bapak Yarius Gwijangge,” ungkap Aidi.

Namun nahas, nyawa Praka Nasruddin tak tertolong saat tim medis RSUD Timika sedang memberikan pertolongan pertama.

“Saat ini jenazah sedang disemayamkan di RSUD Timika, rencananya besok akan dievakuasi ke Jayapura,” jelas Aidi.

Tinggalkan Komentar