KPU Berikan Daftar Pertanyaan ke Pasangan Capres Sepekan Sebelum Debat

Ketua KPU RI, Arief Budiman

Ketua KPU RI, Arief Budiman

Jakarta, PANRITA.News – KPU akan memberikan daftar pertanyaan debat pertama kepada pasangan capres-cawapres. Daftar materi pertanyaan debat capres itu akan diserahkan pada 10 Januari.

Hal itu disampaikan oleh Ketua KPU Arief Budiman di Hotel Mandarin Oriental, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (5/1/2019).

“Sebetulnya lebih cepat dari tanggal 10 Januari perkiraan saya. Tanggal 10 Januari itu (daftar pertanyaan) sudah diberikan paling lambat,” ujarnya.

Daftar pertanyaan ini akan diserahkan setelah panelis menyusun pertanyaan. KPU mengupayakan daftar pertanyaan selesai lebih cepat dari jadwal.

“Tadi saya para panelis ada semangat untuk bisa menyelesaikan lebih awal, kami memberikan waktu yang penting tanggal 10 Januari sudah terformula,” kata Arief.

Sebelum pertanyaan disampaikan dalam debat capres, sambung Arief, panelis akan lebih dulu memaparkan uraian tentang pertanyaan. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi salah tafsir dalam menjawab pertanyaan.

“Karena itu, nanti bukan hanya sekadar ditanyakan bagaimana nanti begini, nggak, tapi ada uraian dulu. Ada penjelasan bahwa kita (kondisi) seperti apa baru ada pertanyaan,” kata Arief. 

“Sehingga supaya tidak ada salah tafsir gitu,jadi ada narasinya dulu, baru pertanyaan kira kira akan dibikin seperti itu rapi. Tapi kita berikan kepercayaan sepenuhnya kepada para pakar dan para panelis,” sambungnya. 

Debat capres-cawapres pertama akan mengusung tema ‘Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme’. Debat akan digelar pada 17 Januari.

Leave a Reply