Tes SKB CPNS 2018 Dimulai, Berikut Kisi-kisinya

Jakarta, PANRITA.News – Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 sudah dimulai. Tes ini merupakan bagian akhir dari proses seleksi.

Peserta CPNS mesti memerhatikan betul pelaksanaan ujian untuk lulus pada seleksi SKB tersebut. Pasalnya, setiap instansi atau kementerian memiliki aturan yang berbeda.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan pelaksanaan SKB pada setiap instansi dilakukan berbeda-beda. Pasalnya ujian tersebut mengikuti ketentuan setiap instansi.

“Setiap instansi dan kementerian itu beda-beda pelaksanaannya. Ada Pemda yang ujian pakai CAT, multiple choice. Kalau Kemenlu itu pakai Toefl,” jelasnya, Senin (3/12/2018).

Kemudian, tes SKB juga dibedakan berdasarkan jabatan atau formasi yang dipilih peserta. Ia memberi contoh, jabatan fungsional tertentu dan jabatan pelaksana.

Adapun, untuk jabatan fungsional tertentu misalnya sebagai pranata humas maka soal yang akan keluar dalam SKB akan terkait dengan jenis pekerjaan sebagai humas.

“Formasi itu dibagi dua dari sistem kami, jabatan fungsional tertentu dan jabatan pelaksana. Misalnya, untuk jabatan fungsional tertentu pranata humas (soal) dijelaskan pekerjaan seperti apa, sisi humas apa yang dilakukan,” sambungnya.

Kemudian, contoh untuk jabatan pelaksana adalah analisis akuntan kinerja. Maka contoh soal yang akan diujikan terkait cara mengatur kinerja.

“Kalau jabatan pelaksanaan itu misalnya analisis akuntan kinerja itu pasti tentang mengukur kinerja. Jadi (kisi-kisi soal) kawinkan saja nama jabatan dan kegiatan apa yang ada dengan informasi tugas,” pungkas dia.

Seleksi kompetensi bidang (SKB) memiliki nilai ambang batas atau passing grade sebesar 50 poin.

Ridwan juga mengatakan, tak semua instansi yang melaksanakan SKB menggunakan computer assisted test (CAT) mematok ambang batas nilai dalam tes tersebut.

“Jadi soalnya itu multiple choice. Banyak, ada 100 soal dan dikerjakan dalam 90 menit. Ada (instansi) yang pakai passing grade, ada juga yang nggak,” jelasnya.

“Tapi yang pakai itu bikin passing gradeharus 50 ya. Betul nilainya satu dan salah nol,” sambung dia.

Lebih lanjut, ia memaparkan tes SKB tersebut akan menyangkut terkait jenis pekerjaan pada formasi yang dipilih. Sehingga peserta diminta untuk mengetahui betul tugas serta peran yang dipilih.

“Jadi (kisi-kisi soal) kawinkan saja nama jabatan dan kegiatan apa yang ada dengan informasi tugas,” pungkas dia.

Tinggalkan Komentar