Jumlah Peserta Reuni 212 Berdasarkan Penggunaan Ponsel

Jakarta, PANRITA.News – Pegiat media sosial, Iwan Piliang mengklaim memperoleh data perkiraan jumlah orang yang mengikuti reuni 212 pada Ahad, 2 Desember 2018 lalu berdasarkan data yang diperolehnya dari pekerja di perusahaan operator telepon seluler.

“Saya diberitahu bahwa pusat operator mencatat jumlah ponsel atau IMEI pada saat kejadian acara reuni 212 berjumlah 13,4 juta orang,” kata Iwan, Selasa, (4/12/2018).

IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Station Equipment Identity yang terdiri dari 15 digit angka. Nomor ini menyimpan pelbagai informasi mengenai telepon seluler.

Iwan menjelaskan, berdasarkan data Home Location Register (HRL)-Identified Circuit Card Identifier (ICCID) atau database pusat nomor registrasi manufaktur SIM card dan IMEI, tercatat ada 35 juta pengguna di kawasan acara Reuni 212 Ahad lalu. Kawasan itu mencakup Bank Indonesia, Wisma Antara, Harmoni, Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Istana Negara, dan sejumlah kompleks kementerian.

Lebih lanjut, Iwan mengatakan, area itu didukung 875 Base Transceiver Station (BTS) luar ruangan dan 234 BTW dalam ruangan. Lalu dipilah lagi, sebab ada HLR-ICCID yang on air dalam satu IMEI atau dua IMEI dalam satu device. “Ini berarti satu ponsel dua SIM card.”

Setelah dirinci, kata Iwan, rekannya dari perusahaan operator itu menemukan ada 725 ribu telepon seluler yang terdaftar dalam jaringan Kementerian Pertahanan, Tentara Nasional Indonesia, dan Kepolisian Republik Indonesia.

Walaupun Iwan tak menjelaskan secara detail proses berikutnya. Namun, kata dia, penelusuran berikutnya menemukan ada 6,85 juta ponsel dengan SIM card tunggal dan 5,27 juta yang dual SIM card.

“Estimasi pengguna yang hadir kemarin berjumlah sembilan sampai sebelas juta,” kata Iwan.

Perkiraan Iwan berdasarkan pengguna ponsel itu jauh lebih banyak dari pernyataan juru bicara Persaudaraan Alumni atau PA 212 Novel Bamukmin. Novel sebelumnya mengatakan jumlah peserta reuni 212 diperkirakan mencapai 7 juta orang.

Leave a Reply