Instansi Daerah Wajib Pakai Metode CAT, BKN Tentukan Titik SKB CPNS 2018

Jakarta, PANRITA.News – Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2018 rencananya akan digelar pada awal Desember 2018. Khusus Panitia Seleksi (Pansel) CPNS 2018 Daerah wajib menggunakan metode CAT BKN.

Selain tiu, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana, menyampaikan rencana titik lokasi SKB di laman resmi BKN, Selasa (27/11/2018),

Rencana titik lokasi yang digunakan itu di antaranya Station CAT pada kantor BKN Pusat dan seluruh Station CAT yang berada pada Kantor Regional dan Unit Pelaksanaan Teknis BKN di daerah dianggap sudah matang.

Bima juga meminta Tim Panselnas untuk menjajaki kemungkinan hadirnya titik lokasi tes di luar ibukota provinsi. Pertimbangan tersebut menurut Bima untuk mempermudah peserta SKB CPNS 2018 dalam mengikuti seleksi.

Begitupun dengan titik lokasi SKB CPNS 2018 mandiri. Menurut Bima, hal itu juga harus segera dipersiapkan.

Dirinya meminta seluruh SDM baik Panselnas maupun Pansel Instansi untuk segera menyiapkan diri, sebab Pansel Instansi seluruh daerah wajib menggunakan CAT dalam proses SKB CPNS 2018.

“Kesiapan SKB meliputi SDM dan infrastruktur CAT,” ujar Bima.

“Kita harus siapkan dengan matang,” sambung Bima.

Bima juga meminta untuk segera menyelesaikan proses rekonsiliasi data antara Panselnas dan Panselnas Instansi.

“Proses rekonsiliasi data antara Panselnas dan Pansel Instansi harus segera dirampungkan,” ucap Bima.

“Saya harapkan rampung dalam 3 atau 4 hari ke depan, setelahnya segera umumkan hasil SKD dan proses SKB segera dilaksanakan,” tambahnya.

Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen (PPSR) BKN, Heri Susilowati, meyakini bahwa proses rekonsiliasi data hasil SKD CPNS 2018 akan rampung maksimal pada pekan ini.

Adapun kepastian pengumuman peserta SKB CPNS 2018 masih menunggu proses verifikasi dan validasi data.

Data hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tersebut nanti akan diserahkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) kepada masing-masing instansi untuk diumumkan. Nilai kumulatif SKD CPNS 2018 diubah melalui peraturan Menpan Nomor 61 Tahun 2018. Peraturan Menpan tersebut dikeluarkan berdasarkan pertimbangan tingkat kesulitan soal SKD CPNS 2018 sangat tinggi.

Tinggalkan Komentar