Berlaku Hari Ini, Tarif Parkir di Jalan RA Kartini Makassar Rp15 Ribu hingga Rp100 Ribu

Makassar, PANRITA.News – Perusahaan Daerah (PD) Parkir mulai memberlakukan tarif parkir khusus di Jalan RA Kartini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (1/11/2018) hari ini.

Pemberlakuan tarif khusus tersebut berdasarkan SK Wali Kota Makassar No. 1941/900.539/Tahun 2018 tentang penetapan tarif jasa parkir progresif. Tarif jasa parkir yang berlaku di jalan tersebut mulai dari Rp15 ribu hingga Rp100 ribu.

Sebelumnya, PD Parkir Kota Makassar telah melakukan sosialisasi kepada seluruh pengguna jasa parkir sebelum resmi menerapkan tarif khusus per 1 November 2018.

Sosialisasi penerapan tarif khusus di Jalan RA Kartini dilakukan melalui media brosur dan spanduk di beberapa titik.

Direktur Umum PD Parkir, Nikolaus Beni mengatakan bahwa penerapan tarif khusus di jalan tersebut bertujuan untuk meminimalisir pengendara yang kerap memarkir di badan jalan. Pasalnya, kendaraan yang parkir di bahu Jalan RA Kartini menjadi penyebab terjadinya kemacetan di wilayah tersebut.

“Saat ini kita berupaya untuk meminimalisir kemacetan di jalan tersebut. Kendaraan yang parkir di bahu jalan menjadi salah satu penyebabnya. Padahal, di situ (Jalan RA Kartini) satu jalur dan bebas hambatan,” kata Niko.

Diketahui, tarif parkir di Jalan RA Kartini bersifat progresif. Tarifnya, Rp15 ribu untuk parkir di jam pertama, kemudian meningkat sebesar Rp30 ribu untuk jam kedua hingga lima jam berikutnya.

“Kalau parkir 5 sampai 12 jam itu Rp60 ribu, tapi kalau di atas 12 jam sampai 24 jam, tarifnya Rp100 ribu,” sebut Niko.

Sementara itu, untuk titik parkir di sebelah kiri Jalan RA Kartini masih normal. Titik tersebut kata Niko, dinilai tidak menjadi hambatan samping terjadinya kemacetan. Namun, kedepan dia berjanji akan menertibkan parkir di semua jalur di Jalan RA Kartini.

Untuk lahan parkir di area tersebut, Pemerintah Kota Makassar telah menyiapkan lahan di dalam area Kanre Rong Karebosi, sehingga diharapkan masyarakat lebih memilih parkir di kawasan itu. Apalagi, tarifnya lebih murah, untuk mobil Rp3000 dan untuk motor Rp2000.

Tinggalkan Komentar