FIFA Tolak Rencana Laga Barcelona vs Girona Digelar di Amerika

Barcelona mengalahkan Sevilla 4-2 di pekan ke sembilan Liga Spanyol. (Foto: Albert Gea/Reuters)

Barcelona mengalahkan Sevilla 4-2 di pekan ke sembilan Liga Spanyol. (Foto: Albert Gea/Reuters)

Makassar, PANRITA.news – Badan sepak bola dunia (FIFA) menolak rencana manajemen La Liga Spanyol untuk menggelar pertandingan kompetisi domestik Barcelona melawan Girona di Amerika Serikat Januari mendatang. Penolakan itu disampaikan Jumat.

Sebelumnya pihak manajemen Liga Spanyol (La Liga) melakukan langkah kontroversial ketika mereka menandatangani perjanjian 15 tahun dengan Relevent Sports Agustus lalu untuk ekspansi ke Amerika Serikat, termasuk menggelar satu pertandingan di negara adidaya itu.

Persatuan Sepak Bola Spanyol juga menentang rencana itu, dan Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan bahwa pertandingan liga domestik harus dimainkan di negara sendiri.

“Dewan FIFA mendiskusikan masalah rencana pertandingan La Liga di luar Spanyol, khususnya di Miami,” kata Infantino setelah pertemuan Dewan FIFA di Rwanda. “Dewan menekankan prinsip olahraga bahwa pertandingan resmi liga harus dimainkan di teritorial anggota terkait. Jadi dewan jelas melihat hal itu.”

Sikap FIFA tersebut menjadi pukulan lanjutan bagi presiden La Liga Javier Tebas, yang bulan lalu mengatakan bahwa ia 90 persen yakin pertandingan Barcelona-Girona bisa berlangsung di AS.

Pengelola Liga Spanyol diperkirakan akan mengajukan banding, ketika jurubicaranya mengatakan, “jika kami menerima pemberitahuan resmi dari FIFA tentang larangan pertandingan di AS itu, maka kami akan membawa masalah ini ke pengadilan arbitrase.”

Tinggalkan Komentar