Viral! Video Oknum Banser Diduga Bakar Bendera Tauhid

Jakarta, PANRITA.News – Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan sejumlah oknum Banser (Barisan Ansor Serbaguna) Ansor, Nahdlatul Ulama (NU) Garut membakar bendera berwarna dasar hitam dan bertuliskan aksara arab berwarna putih.

Diketahui, tulisan Arab itu berbunyi “Laa ilaaha illallah Muhammad Arrosulullah” dengan arti “Tidak Ada Tuhan Selain Allah dan Nabi Muhammad Utusan Allah”. Dari berbagai sumber disebutkan bahwa aksi itu dilakukan dalam rangkaian peringatan Hari Santri, Ahad, (21/10/2018).

Dalam video yang beredar luas di dunia maya pada Senin (22/10/18) siang itu, terdengar lagu Ya Lal Wathon. Nyanyian yang tak lain merupakan mars ormas Anshor dilantunkan saat pembakaran bendera Tauhid dilakukan oleh belasan oknum.

Detik pembakaran bendera tauhid yang dilakukan oknum Banser terekam dalam video berdurasi 02.05 menit.

Pembakaran bendera tauhid dibenarkan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor Yaqut Cholil Qoumas.

“Betul. Itu di Garut. Menurut laporannya, kejadian di hari peringatan hari santri kemarin di Garut,” ujar Yaqut seperti dilansir CNNIndonesia.com, Senin (22/10/2018).

Merujuk dari tayangan dalam video, mulanya, ada satu anggota banser yang membawa bendera berwarna hitam bertuliskan aksara arab. Belasan anggota Banser lainnya kemudian berkumpul untuk bersama-sama menyulut bendera tersebut dengan api.

Sebagian dari mereka mengenakan pakaian loreng khas Banser lengkap dengan baret hitam.

Tak hanya bendera, mereka juga nampak membakar ikat kepala berwarna hitam bertuliskan aksara Arab. Tak sampai di situ, agar benda lebih cepat dilalap api, mereka menggunakan koran yang juga telah dibakar. Sementara itu, terlihat pula salah satu dari mereka yang mengibarkan bendera Merah Putih berukuran besar.

Leave a Reply