Kadis Peternakan Bulukumba Tanggapi Keluhan Peternak Ayam Petelur

Bulukumba, PANRITA.News – Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Bulukumba, Rustinah menjawab keluhan peternak ayam petelur. Menurutnya, pembentukan Asosiasi bagi peternak ayam petelur dinilai sangat baik dan perlu diupayakan.

“Pembentukan asosiasi bagi peternak ayam petelur sangat bagus agar lebih kuat dalam hal keseragaman harga dan lainnya. Kita akan fasilitasi persyaratannya, kita akan bantu permudah izin dan legalitasnya,” kata Rustinah, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (17/10/2018).

Ia menjelaskan, pihaknya mengapresiasi jika ada masukan-masukan dari peternak ayam petelur yang sifatnya membangun.

“Kami mengapresiasi setiap ada masukan,” ujarnya.

Sementara itu, untuk pendampingan tata cara beternak ayam petelur yang baik. Rustinah mengatakan bahwa pihaknya, dalam hal ini Dinas Peternakan Bulukumba senantiasa terbuka bagi setiap peternak yang berkunjung.

“Kami wellcome ketika peternak datang ke sini. Dengan senang hati kita lakukan pendampingan,” katanya.
Rustinah menganggap pihaknya selama ini memprioritaskan pendampingan bagi para peternak ayam petelur dari kalangan menengah ke bawah.

“Pendampingan pada peternak ayam petelur dalam skala besar kita memang belum sentuh. Kita beranggapan yang besar telah mandiri, jadi yang kecil dulu kita support untuk meningkatkan usahanya,” tambahnya.

Sebelumnya, salah seorang peternak ayam petelur asal Kelurahan Sapolohe Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba, H. Suwardi meminta Dinas Peternakan untuk aktif melakukan sosialisasi dan pendampingan.

Bagi Haji Kardi sapaan karibnya, selama menekuni ayam petelur, dirinya tidak pernah mendapat undangan dari dinas peternakan terkait sosialisasi dan tata cara beternak ayam petelur yang baik.

Tinggalkan Komentar