Klasemen Sementara Asian Games: Indonesia Disalip Iran

Asian Games 2018

Jakarta, PANRITA.News – Kabar buruk menutup gelaran Asian Games 2018 hari keempat, Rabu (22/8/2018). Posisi Indonesia di klasemen umum perolehan medali turun satu peringkat ke posisi lima disalip oleh Iran. Padahal, Indonesia berhasil mendapatkan lima medali dari tiga cabang olahraga berbeda.

Satu emas jadi pembuka hari yang manis untuk Indonesia. Medali tersebut disumbangkan oleh tim paralayang beregu putra yang berlaga dalam nomor akurasi (ketepatan mendarat).

Bertanding di Gunung Mas, Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Tim ‘Merah-Putih’ yang beranggotakan Hening Paradigma, Thomas Widyananto, Rony Pratama, dan Jafro Megaranto berhasil mengungguli lawannya dari Korea Selatan dan Thailand.
Raihan tim putra itu hampir saja bisa disamai oleh tim putri. Sayangnya, tim yang beranggotakan Lis Andriana, Rika Wijayati, dan Ike Ayu Wulandari itu akhirnya kalah dari Thailand.

Setelah paralayang, dua cabang olahraga lain yang menjadi penyumbang medali adalah wushu dan bulu tangkis. Pada cabang wushu, duo atlet asal Semarang, Yusuf Widiyanto dan Puja Riyaya, sama-sama berhasil menyabet perunggu.

Kedua atlet wushu itu sebenarnya sama-sama tidak diunggulkan di nomor sanda. Akan tetapi, mereka mampu membalikkan ekspektasi yang ada. Yusuf meraih perunggu di kelas 56 kg, sementara Puja 70 kg.

Dari bulu tangkis, tim beregu putra Indonesia gagal mengalahkan bete noire mereka, China. Di Istora Gelora Bung Karno, Jonatan Christie dkk. dipaksa menyerah 1-3.

Satu-satunya poin Indonesia pada pertandingan final itu disumbangkan oleh Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo selaku ganda pertama. Sementara, ganda kedua Fajar Alfian dan Rian Ardianto, tunggal pertama Anthony Sinisuka Ginting, dan Jonatan yang merupakan tunggal kedua gagal menaklukkan lawan-lawannya.

Dengan demikian, Indonesia saat ini memiliki raihan 17 medali. Raihan ini sebetulnya lebih banyak dari milik Iran yang duduk di urutan empat. Namun, Iran unggul dalam jumlah medali emas. Mereka punya tujuh, Indonesia tertinggal satu di belakangnya.

Selain dari cabang-cabang olahraga ini, para wakil Indonesia juga bertanding di voli indoor, senam artistik putri, serta angkat besi. Tim voli indoor harus mengakui keunggulan Arab Saudi dengan skor 1-3 dan untuk sementara tertahan di urutan dua klasemen Grup A.

Dari cabang senam artistik, tim putri yang digawangi Amartiani harus puas finis di urutan delapan dengan total poin 129.350. Sedangkan, Deni dan Triyatno yang terjun di kelas 69 kg tak mampu berbuat banyak. Triyatno yang merupakan peraih perak Olimpiade 2012 itu hanya mampu mengakhiri laga di urutan empat.

Leave a Reply