Dibuka Wapres JK, ITB Pilih Makassar Tempat Rakernas Ikatan Alumni

ITB Pilih Makassar Tempat Rakernas Ikatan Alumni

Makassar, PANRITA.News – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) secara resmi membuka acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Alumni ITB (Institut Teknologi Bandung) di Hotel Aryaduta, Sabtu pagi (4/8). Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono ikut mendampingi.

Penjabat Gubernur Sulsel, Sumarsono berterima kasih atas kedatangan orang nomor dua Indonesia ini. Apalagi bagi masyarakat, khususnya di Sulsel sosok JK adalah sosok yang dihormati.

“Beliau kita hormati sebagai pinisepuh Bugis-Makassar yang pada pagi hari ini hadir di Makassar hanya untuk acara tunggal, yaitu menghadiri alumni ITB,” sebutnya.

JK merupakan panutan rakyat di Sulawesi Selatan, oleh karena itu semua masyarakat Sulsel patut berbangga.

Kegiatan ini dinilainya luar biasa memiliki arti yang besar, sehingga Wapres JK bersedia hadir.

“Syukur alhamdulillah, pada hari ini terlaksana acara Rakernas di ITB di wilayah timur Indonesia, mungkin ini yang pertama di Makassar, sebagai gubernur Sulawesi Selatan mengucapkan Selamat datang dan terima kasih atas dipilihnya kota Makassar,” ujarnyan.

Tema yang dipilih pun menurutnya tepat, dengan tema “Dari Timur, Indonesia Bangkit Menjadi Bangsa Pemenang”.

Sulsel sebagai pintu gerbang Indonesia bagian timur, agar Indonesia dapat bangkit menjadi bangsa pemenang, maka Indonesia bagian timur membutuhkan kontribusi dari para insinyur yang dimiliki oleh ITB.

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan mengenai, selain ingin bertemu dengan alumni ITB juga mau berbicara Indonesia dari timur.

Dari sisi penduduk, Indonesia Timur itu hanya 15 persen dari seluruh penduduk Indonesia, jumlahnya, 40 juta orang dan daerahnya luas.

“Kalau mau lihat tengah Indonesia itu bukan di Kalimantan, itu ada di Mamuju (Sulawesi Barat) yang ke barat dan ke timur sama, utara ke selatan sama,” ujarnya.

Pada kesempatan ini Ia juga berbicara mengenai pengembangan teknologi di Indonesia bagian timur.

Dari sisi kemampuan teknologi, dari sisi pertumbuhan memang Indonesia timur secara nasional lebih rendah dari pada rata-rata nasional. Walaupun, untuk daerah tertentu seperti Sulawesi-Selatan pertumbuhannya di atas rata-rata nasional.

Ketua IA ITB Ridwan Jamaluddin mengatakan bahwa pihaknya memilih Kota Makassar sebagai lokasi Rakernas ITB karena sudah saatnya ITB keluar dari zona nyaman.

Ridwan juga menyampaikan, bahwa total peserta sebanyak 300-an orang, bahkan peserta dari luar negeri juga hadir.(*)

Tinggalkan Komentar