Coop Startup, Platform Baru KOPINDO Selamatkan Generasi Millenial

Coop Startup Generasi Millenial

Jakarta, PANRITA.News – Indonesia diperkirakan mengalami Bonus Demografi pada tahun 2030, fenomena dimana 70% jumlah penduduk berusia produktif. Dalam piramida demografi, generasi Millenial mencapai 35% dari total populasi. Ketimpangan ekonomi, sempitnya lapangan pekerjaan, perekonomian yang memburuk adalah hal yang mengancam generasi millenial.

Dalam berbagai permasalahan krisis ekonomi, ketimpangan, pengangguran, koperasi merupakan platform yang mampu mengatasinya dan berkelanjutan untuk masa depan. Tetapi koperasi tidak bisa menjawab kebutuhan generasi Millenial jika hadir dengan konsep lama (Koperasi Simpan Pinjam, KUD, dll). Di tengah perkembangan teknologi yang begitu cepat, Revolusi Industri 4.0, globalisasi koperasi harus dengan platform baru kepada Millenial yang sarat sebagai techno savvy.

Coop Startup, merupakan konsep koperasi untuk generasi millenial yang berfokus pada inovasi (teknologi, inovasi social, organizing). Pemuda koperasi melalui coop startup mampu melakukan perubahan secara sistemik dengan menggunakan teknologi digital.

Model ini perlu diinkubasi oleh koperasi pemuda, koperasi mahasiswa, NGOs, pemerintah, stakeholder lainya dalam rangka mengajak generasi millenial menciptakan wirausaha dengan pengelolaan dan kepemilikan secara demokratis.

Dengan latar belakang di atas Koperasi Pemuda Indonesia (KOPINDO) sebagai lembaga sekunder dari koperasi pemuda dalam rangkaian acara Rapat Anggota Tahunan (Generasi Assembly) ke 37 akan menyelenggarakan Diskusi Panel yang akan mengeksplorasi pemetaan perekonomian koperasi dan generasi muda oleh pemerintah, praktisi dan akademisi. Tahun 2018 ini KOPINDO mengangkat tema “Coop Startup, For Millenial Generation and Sustainable Future”

Beberapa rincian rangakaian acara yakni Fast Track Conference yang akan di hadiri oleh tokoh yang expert di tingkat nasional dan Internasional. Rangkaian acara yang lainya adalaha Coop Startup Pitching Business Model sebagai kompetisi menawarkan gagasan ide coop startup. Dan yang terakhir adalah audiensi terhadap pemangku kebijakan di pemerintahan.

KOPINDO memiliki peran strategis dalam mempromosikan koperasi di kalangan generasi Millenial. Program ini diselenggarakan sebagai salah satu langkah dalam mengajak lebih banyak lagi generasi millenial yang menjadi co-operator di Indonesia untuk menciptakan perekonomian negeri tumbuh secara inklusif dan berkelanjutan.(***)

Editor: Aswin

Tinggalkan Komentar