Andi Bakti Haruni Resmi Penjabat Bupati Bone

Makassar, PANRITA.News – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono melantik secara resmi Andi Bakti Haruni sebagai Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Bone. Sebelumnya, Andi Bakti menjabat sebagai Pejabat sementara (Pjs) selama dua bulan menggantikan Andi Fahsar Padjalangi.

“Pada hari ini kamis, tanggal 18 April 2018, Saya Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan atas nama Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia dengan ini resmi melantik Saudara Ir Andi Bakti Haruni, CES sebagai Penjabat Bupati Bone,” kata Soni membacakan membacakan SK pengangkatan dari Mendagri dengan nomor 131.73-1513 Tahun 2018.

Pengambilan sumpah dan pelantikan Pj Bupati Bone sekaligus serah terima jabatan (Sertijab) dari bupati lama ke PJ Bupati tersebut berlangsung di Rumah Jabatan Bupati Jl. Bone, Jalan Petta Ponggawa, Kecamatan Tanete Riattang.

Soni percaya bahwa Andi Bakti akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, sesuai tanggung jawab yang diberikan.

Sebagai penjabag Bupati Bone, Andi Bakti mempunyai tugas menyelenggarakan tugas pemerintahan, memfasilitasi penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel serta pemiliha Bupati dan Wakil Bupati Bone. Menjaga netralitas pegawai.

Penjabat bupati juga dilarang melakukan mutasi pegawai kecuali setelah mendapat persetujuan tertulis dari Menteri Dalam Negeri, Serta, selama melaksanakan tugas sebagai bupati yang bersangkuta tetap menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama.

“Tugas tambahan Penjabat Bupati adalah melaksanakan tugas nasional yang dititipkan di Bone ini, terutama program strategis nasional, itu akan diberikan melalui instruksi Gubernu, tidak tercantum secara jelas tetapi situasional,” sebut Soni.

Yang dimaksud dengan tugas tambahan tersebut seperti pengemanan dan pengendalian harga jelang lebaran.

Atas nama pemerintah pusat Ia berterima kasih pada Andi Bakti yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Tarkim Sulsel. Serta menyampaikan terima kasih pada Bupati dan Wakil Bupati Bone periode sebelumnya.

Ia juga memohon restu kepada masyarakat Bone agar dapat memimpin Sulsel sebaik-baiknya, dimana Kabupaten Bone terdapat di dalamnya.

Ia juga memuji masyarakat dan Kabupaten Bone sebagai daerah yang kaya.

“Luasnya Bone luar biasa, kita dianugerahi cuaca yang bisa membuat tanaman terus bertumbuh dan berbuah tanpa jeda. ini yang harus kita syukuri,” pungkasnya.(*)

Leave a Reply