Begini Inovasi Dinas LH Takalar Menggenjot Program ‘Gema Tasamara’

Takalar, PANRITA.News - Guna menggenjot program Gerakan Masyarakat Takalar Tangkasa' dan Gammara' (Gema Tasamara'), pemerintah kabupaten Takalar melalui Dinas Lingkungan Hidup membuat berbagai inovasi.Salah satu program yang disiapkan adalah pelaksanaan lomba adipura tingkat desa dan kelurahan se kabupaten Takalar.Kepala Dinas LH Takalar, Andi Rijal Mustamin menjelaskan bahwa program penilaian adipura tingkat Desa/Kelurahan itu sebagai upaya untuk menggenjot perilaku hidup bersih dan sehat bagi seluruh lapisan masyarakat.

"Selama ini kan, Gema Tasamara' hanya bergerak di wilayah perkotaan. Melalui program ini, diharapkan seluruh lapisan masyarakat dapat berpartisipasi secara menyeluruh," kata Rijal, Sabtu (20/1/2018).

Untuk diketahui, Gema Tasamara' adalah program yang dicanangkan pemerintahan Syamsari Kitta-Haji Achmad Dg Se're beberapa waktu lalu. Program ini berfokus pada pemeliharaan kebersihan.

"Penilaian adipura ini kita bagi dua tahap. Pertama, akan kita umumkan pada perayaan Hari Jadi Takalar nanti. Tahap dua, akan kita umumkan di acara 17 Agustus mendatang," terang Rijal.

Adapun mekanisme penilaian Adipura tingkat desa itu menggunakan standar penilaian adipura nasional.

"Kita tidak main-main. Akan ada sanksi bagi wilayah yang tidak memenuhi kriteria kebersihan. Kita akan pasang bendera hitam yang menandakan bahwa wilayah tersebut kumuh dan kotor," tandas Rijal.

Diharapkan, melalui program ini, Takalar meraih adipura pada masa mendatang bisa terwujud.(*)

Takalar, PANRITA.News – Guna menggenjot program Gerakan Masyarakat Takalar Tangkasa’ dan Gammara’ (Gema Tasamara’), pemerintah kabupaten Takalar melalui Dinas Lingkungan Hidup membuat berbagai inovasi.

Salah satu program yang disiapkan adalah pelaksanaan lomba adipura tingkat desa dan kelurahan se kabupaten Takalar.

Kepala Dinas LH Takalar, Andi Rijal Mustamin menjelaskan bahwa program penilaian adipura tingkat Desa/Kelurahan itu sebagai upaya untuk menggenjot perilaku hidup bersih dan sehat bagi seluruh lapisan masyarakat.

“Selama ini kan, Gema Tasamara’ hanya bergerak di wilayah perkotaan. Melalui program ini, diharapkan seluruh lapisan masyarakat dapat berpartisipasi secara menyeluruh,” kata Rijal, Sabtu (20/1/2018).

Untuk diketahui, Gema Tasamara’ adalah program yang dicanangkan pemerintahan Syamsari Kitta-Haji Achmad Dg Se’re beberapa waktu lalu. Program ini berfokus pada pemeliharaan kebersihan.

“Penilaian adipura ini kita bagi dua tahap. Pertama, akan kita umumkan pada perayaan Hari Jadi Takalar nanti. Tahap dua, akan kita umumkan di acara 17 Agustus mendatang,” terang Rijal.

Adapun mekanisme penilaian Adipura tingkat desa itu menggunakan standar penilaian adipura nasional.

“Kita tidak main-main. Akan ada sanksi bagi wilayah yang tidak memenuhi kriteria kebersihan. Kita akan pasang bendera hitam yang menandakan bahwa wilayah tersebut kumuh dan kotor,” tandas Rijal.

Diharapkan, melalui program ini, Takalar meraih adipura pada masa mendatang bisa terwujud.(*)

Tinggalkan Komentar