Sejumlah Fakta Unik Idrus Marham, Alumni IAIN Alauddin Dilantik Menjadi Menteri

Makassar, PANRITA.News - Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Idrus Marham dilantik pagi tadi di Istana Negara, Jakarta, 17 Januari 2018.Idrus Marham dilantik menjadi Menteri Sosial menggantikan Khofifah Indar Parawansa yang mencalonkan diri pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur.

Berikut fakta-fakta unik Idrus Marham, seorang Alumni IAIN Alauddin (Sekarang UIN Alauddin Makassar) kelahiran Pinrang Sulawesi Selatan yang dilantik menjadi Menteri Sosial seperti dilansir tempo.co.

Idrus Marham melepas masa lajangnya pada usia 47 tahun dengan menikahi Ridho Ekasari. Ekasari merupakan mantan presenter Metro TV. Mereka yang terpaut usia 19 tahun, menikah pada 4 Juni 2009 di Masjid Dian al Makhri (Masjid Kubah Emas), Depok, Jawa Barat. Presiden saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono. SBY hadir sebagai saksi dari pihak Idrus dan Wakil Presiden saat itu Jusuf Kalla dari pihak Ridho.Sebelum terjun ke dunia politik, Idrus sempat menjadi dosen di beberapa universitas. Yaitu Universitas Islam Attahiriyah (Uniat), Universitas 17 Agustus 1945 (Untag), dan Universitas Tarumanegara (Untar).Idrus Marham tercatat pernah dipercaya sebagai Ketua Karang Taruna Indonesia Nasional periode 2001 - 2005. Selain itu, ia juga aktif di banyak organisasi pelajar seperti OSIS, Senat Mahasiswa, Dewan Mahasiwa, Pelajar Islam Indonesia (PII), Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), serta Pergerakan Mahasiwa Islam Indonesia (PMII).Pria kelahiran 14 Agustus 1962 ini memiliki segudang prestasi akademik. Di antaranya, Pelajar Teladan di SDN Pinrang Sulsel (1972), Pelajar Teladan di SMAN Pare-pare (1997), Mahasiswa teladan IAIN Alauddin Makassar 1978 (Sekarang Bernama UIN Alauddin), Mahasiswa teladan IAIN Walisongo (1981), dan Lulusan terbaik utama IAIN Walisongo 1983.Idrus meraih gelar doktor ilmu politik dengan predikat cumlaude setelah mempertahankan disertasinya yang berjudul "Demokrasi Setengah Hati; Studi Kasus Elite Politik di DPR RI 1999-2004" melalui ujian terbuka promosi doktor. Ia tercatat sebagai doktor ke-1019 yang telah diluluskan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Makassar, PANRITA.News – Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Idrus Marham dilantik pagi tadi di Istana Negara, Jakarta, 17 Januari 2018.

Idrus Marham dilantik menjadi Menteri Sosial menggantikan Khofifah Indar Parawansa yang mencalonkan diri pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur.

Berikut fakta-fakta unik Idrus Marham, seorang Alumni IAIN Alauddin (Sekarang UIN Alauddin Makassar) kelahiran Pinrang Sulawesi Selatan yang dilantik menjadi Menteri Sosial seperti dilansir tempo.co.

Idrus Marham melepas masa lajangnya pada usia 47 tahun dengan menikahi Ridho Ekasari. Ekasari merupakan mantan presenter Metro TV. Mereka yang terpaut usia 19 tahun, menikah pada 4 Juni 2009 di Masjid Dian al Makhri (Masjid Kubah Emas), Depok, Jawa Barat. Presiden saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono. SBY hadir sebagai saksi dari pihak Idrus dan Wakil Presiden saat itu Jusuf Kalla dari pihak Ridho.

Sebelum terjun ke dunia politik, Idrus sempat menjadi dosen di beberapa universitas. Yaitu Universitas Islam Attahiriyah (Uniat), Universitas 17 Agustus 1945 (Untag), dan Universitas Tarumanegara (Untar).

Idrus Marham tercatat pernah dipercaya sebagai Ketua Karang Taruna Indonesia Nasional periode 2001 – 2005. Selain itu, ia juga aktif di banyak organisasi pelajar seperti OSIS, Senat Mahasiswa, Dewan Mahasiwa, Pelajar Islam Indonesia (PII), Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), serta Pergerakan Mahasiwa Islam Indonesia (PMII).

Pria kelahiran 14 Agustus 1962 ini memiliki segudang prestasi akademik. Di antaranya, Pelajar Teladan di SDN Pinrang Sulsel (1972), Pelajar Teladan di SMAN Pare-pare (1997), Mahasiswa teladan IAIN Alauddin Makassar 1978 (Sekarang Bernama UIN Alauddin), Mahasiswa teladan IAIN Walisongo (1981), dan Lulusan terbaik utama IAIN Walisongo 1983.

Idrus meraih gelar doktor ilmu politik dengan predikat cumlaude setelah mempertahankan disertasinya yang berjudul “Demokrasi Setengah Hati; Studi Kasus Elite Politik di DPR RI 1999-2004” melalui ujian terbuka promosi doktor. Ia tercatat sebagai doktor ke-1019 yang telah diluluskan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Tinggalkan Komentar