7 Pemain Sepak Bola Mahal yang Akhirnya Dilepas Gratis

Merekrut pemain dengan harga mahal bisa dianggap sebagai investasi bagi sejumlah klub sepak bola. Selain bisa mengangkat prestasi klub, si pemain juga berpeluang dijual lagi dengan harga yang lebih tinggi.

Namun, faktanya, pembelian mahal tak selalu berujung manis untuk sebagian klub Eropa. Beberapa pemain yang sudah dibeli mahal-mahal justru dilepas secara gratis di kemudian hari.

Berikut ini 7 pemain yang dibeli dengan harga mahal, tapi dilepas dengan gratis.

1. Willian

Chelsea berhasil mengalahkan Tottenham dalam perburuan Willian 2013. The Blues menebus sang pemain dari Anzhi Makhachkala seharga 31,9 juta pounds.

Willian menghabiskan delapan tahun yang sukses di Stamford Bridge. Pemain asal Brasil tersebut kemudian bergabung dengan Arsenal secara gratis pada 2021.

Namun, Willian tidak bisa menemukan kesuksesan setelah pindah ke Emirates Stadium. Dia akhirnya meninggalkan The Gunners dan kembali ke Brasil setelah satu musim.

2. Edinson Cavani

Reputasi Edinson Cavani sebagai predator di depan gawang tidak diragukan lagi. Itulah yang membuat PSG berani membeli sang striker dengan harga 55 juta pounds dari Napoli pada 2013.

Cavani mencetak 200 gol dari 301 pertandingan di semua kompetisi untuk PSG. Dia juga meraih banyak gelar seperti enam titel Ligue 1 di ibu kota Prancis.

Setelah tujuh musim di Paris, Cavani memutuskan hengkang ke Manchester United dengan status bebas transfer. Dia kemungkinan besar akan berpisah dengan MU pada musim panas nanti.

3. Luis Suarez

Striker Barcelona, Luis Suarez (c) AP Photo

Luis Suarez menunjukkan ketajaman yang luar biasa di Liverpool. Alhasil, Barcelona tak ragu mengeluarkan 65 juta pounds untuk merekrutnya pada 2014.

Di Camp Nou, Suarez membentuk trio penyerang yang mematikan bersama Neymar dan Lionel Messi. Mereka berhasil memenangkan treble winners pada 2015.

Namun, kebersamaan Suarez dengan Barcelona berakhir pada musim panas 2020. Bomber asal Uruguay tersebut tak masuk dalam rencana Ronald Koeman dan dilego ke Atletico Madrid secara gratis.

4. Mesut Ozil

Related Post

Mesut Ozil bergabung dengan Arsenal pada tahun 2013. Gelandang asal Jerman tersebut didatangkan dari Real Madrid dengan harga yang mencapai 42,3 juta pounds.

Ozil tampil cukup bagus di bawah asuhan Arsene Wenger. Namun, situasinya di Arsenal menjadi rumit setelah kedatangan Mikel Arteta.

Ozil tak pernah dimainkan walau tak mengalami cedera. Alhasil, sang pemain dilepas secara gratis ke klub asal Turki, Fenerbahce pada Januari 2021.

5. Alexis Sanchez

Setelah tampil mengesankan bersama Arsenal, Alexis Sanchez memutuskan pindah ke Manchester United pada Januari 2018. Setan Merah mengeluarkan 30,6 juta euro plus Henrikh Mkhitaryan untuk mendapatkan tanda tangan sang pemain.

Namun, karier Sanchez justu meredup setelah datang ke Old Trafford. Dia hanya mampu mencetak lima gol dari 45 penampilannya bersama Setan Merah.

Setelah gagal di Old Trafford, Sanchez akhirnya pindah ke Italia bersama Inter Milan secara pinjaman pada 2019. Nerazzurri kemudian mempermanenkan statusnya secara cuma-cuma alias gratis.

6. Thiago Silva

Thiago Silva menjadi bek yang bagus saat bermain di AC Milan. Dia memenangkan satu gelar Serie A dan Supercoppa Italiana dalam tiga musim.

PSG kemudian berhasil merekrut Silva dengan biaya 34,2 juta pounds pada 2012. Dia memenangkan tujuh gelar Ligue 1 dan menjadi runner-up di Liga Champions 2019/20.

Kini, Silva tampil gemilang di Chelsea. Dia bergabung dengan The Blues dengan status bebas transfer setelah kontraknya bersama PSG berakhir pada musim panas 2020.

7. Zlatan Ibrahimovic

PSG merupakan klub yang gemar mengumpulkan pemain bintang. Klub asal Prancis tersebut berhasil mendapatkan Zlatan Ibrahimovic dari AC Milan seharga 18,9 juta euro pada 2012.

Di PSG, Ibrahimovic mencetak 156 gol dalam 180 penampilan di semua kompetisi. Dia juga ikut memenangkan empat gelar Ligue 1.

Ibrahimovic akhirnya mengakhiri kebersamaannya dengan PSG pada 2016 dengan pindah ke Manchester United secara gratis. Bomber Swedia berusia 40 tahun tersebut sekarang sudah kembali ke AC Milan.

sumber: bola.net