PIK-R Bentukan DPPKB Bontang Berperan Tekan Kenakalan Remaja

PIK-R Bentukan DPPKB Bontang Berperan Tekan Kenakalan Remaja.

Bontang, PANRITA.News – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) memiliki salah satu organisasi bentukan bernama Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R). Peran penting dibentuknya organisasi ini adalah, mengedukasi serta menekan angka kenakalan remaja di Bontang.

Penyuluh KB Bontang Barat Muh Zubair Muin mengatakan, PIK-R juga memiliki tugas dan fungsi yaitu, meningkatkan pemahaman para remaja agar terhindar dari pengaruh negatif, khususnya di kalangan pelajar.

“Penting untuk membentuk PIK-R di setiap sekolah karena dapat mengantisipasi perilaku negatif bagi remaja. Seperti tiga zero yaitu, narkoba, pernikahan dini, pergaulan bebas dan lainnya,” kata Zubair saat ditemui awak media di Balai Penyuluh Bontang Barat, Senin (19/4/2021).

Zubair menjelaskan, di bawah wilayah pengawasanya, sudah banyak sekolah-sekolah yang memiliki PIK-R baik jenjang SMP dan SMA. Seperti YPK, SMP 4, SMA 3, SMP 5, SMK 3 dan SMK Nusantara.
Lokasi tersebut berada di Kecamatan Bontang Barat yang tersebar di masing masing-masing kelurahan Kanaan, Telihan, dan Belimbing serta Bontang Lestari.

“Selain di sekolah PIK-R juga ada di kalangan masyarakat. Contohnya ada PIK-R Tumbuh Bersama di Telihan, Panggung Lestari di Bontang Lestari dan Tunas Harapan di Kanaan, kewajiban setiap wilayah untuk menjaga dan menggencarkan program yang disusun, ”ucapnya.

PIK-R juga memiliki rutinitas pelatihan seperti, PS (Pendidik Sebaya) dan KS (Konselor Sebaya). Kegiatan tersebut wajib di ikuti setiap perwakilan PIK-R yang ada di Bontang.

Peserta yang telah mengikuti pelatihan, sambung Zubair, selanjutnya menjadi konselor sebaya bagi para remaja lainnya. Ketika telah menjadi konselor maka secara konsep berfikir sudah bisa untuk memberikan masukan-masukan disetiap komunitas anak remaja di sekitar.

“Hasil dari setiap pelatihan nantinya PIK-R juga membuat program-program terkait dengan hal-hal tersebut dengan tetap berkoordinasi dan di bawah binaan DPPKB Bontang,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar