DPPKB Gencarkan Program Kampung KB untuk Menghadapi Bonus Demografi

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Bontang, Kalimantan Timur, Bahtiar Mabe.

Bontang, PANRITA.News – Untuk menyiapkan generasi produktif, perlu wadah untuk mendukung hal tersebut. Untuk melihat fenomena bonus demografi maka DPPKB menggencarkan wadah dengan program Kampung KB (Keluarga Berencana).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Bontang, Kalimantan Timur, Bahtiar Mabe menjelaskan, bahwa nantinya setiap masyarakat harus bisa sadar dengan tingkatan populasi yang semakin meningkat.

“Diperkirakan akan ada ledakan penduduk ,dimana bonus demografi usia produktif meningkat,” kata Bahtiar Mabe saat ditemui awak media, Selasa (20/4/2021).

Selanjutnya pihaknya mengatakan,Apabila masyarakat usia produktif ini tidak memiliki kompetensi yang memadai. Maka dampak yang akan ditimbulkan ialah tanggung jawab bangsa untuk mengakompdir.

Itulah sebabnya dengan program DPPKB Bontang melaksanakan program Kampung KB.

“Dibangun manusianya, pengetahuan serta mentalitasnya. Sehingga nanti bisa menjadi masyarakat yang produktif,” sambungnya.

Bahtiar mengatakan, jumlah penduduk Indonesia yang besar, khususnya penduduk dengan usia produktif harus dimanfaatkan untuk bisa menyamai negara-negara tersebut, bahkan lebih unggul dari dua negara besar itu.

“Maka dari itu, pembangunan manusia perlu untuk dilakasanakan. Mari sukseskan program Kampung KB karena manfaatnya bisa dinikmati masyarakat sendiri. Karena ketahanan nasional berasal dari ketahanan rumah dan diri sendiri,” tutupnya.

Untuk diketahui, saat ini Bontang sudah memiliki empat Kampung KB. Yakni, Kampung Mutiara Laut yang terletak di Kecamatan Bontang Utara, Pagung Lestari di Kecamatan Bontang Selatan, Kampung Mekar Sari di Bontang Selatan, dan Willis Sejahtera di Bontang Barat. 

Tinggalkan Komentar