Selain Kaya Cita Rasa, Ternyata Daun Kemangi Bermanfaat Bagi Kulit

Makassar, PANRITA.News – Daun kemangi selalu menjadi pelengkap wajib untuk menikmati lalapan agar enak disantap.

Ternyata, selain kaya akan cita rasa, daun kemangi segar juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan kulit wajah dan tubuh.

Daun kemangi memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi dan antimikroba. Sifat tersebut diyakini ampuh mengatasi permasalahan yang terjadi pada kulit.

Berikut beberapa khasiat yang bisa didapatkan dari daun kemangi seperti dilansir Paragram.id:

1. Mencegah Jerawat

Daun kemangi dapat membantu mengatasi masalah jerawat yang timbul di wajah. Hal ini terjadi, karena kemangi memiliki jenis minyak esensial, seperti nerol, citral dan linalool.

Ketiga jenis minyak tersebut memiliki fungsi antibakteri dan antimikroba yang ampuh melindungi kulit kalian dari bakteri dan kuman yang memicu munculnya jerawat pada wajah.

Kita bisa melakukannya cukup dengan menumbuk segenggam kemangi dengan peralatan yang higenis, kemudian terapkan pada wajah seperti memakai masker.

Untuk wajah yang berminyak, bisa dengan menambahkan sedikit air perasan lemon.

Sementara untuk yang mengalami kulit kering, baiknya menambahkan madu.

2. Meringankan penyakit kulit

Kandungan antimiroba dan antibakteri pada daun kemangi ternyata mempunyai fungsi yang efektif untuk mengobati beberapa jenis penyakit kulit, seperti halnya panu dan psoriasis.

Caranya cukup mudah, balurkan kemangi yang masih segar dalam kondisi yang sudah ditumbuk halus ke permukaan kulit yang bermasalah, lalu diamkan hingga kurang lebih setengah jam. Rasakan perubahannya, dan ingat lakukan cara tersebut secara rutin.

3. Mencegah kanker kulit

Tak hanya mencegah jerawat dan meringankan penyakit kulit. Kemangi juga dapat membantu mencegah terjadinya kanker kulit.

Kandungan citral dan limonene pada kemangi memiliki khasiat antiinflamasi.

Tak hanya itu, kemangi juga memiliki vitamin K yang tinggi. Konsumsi secara rutin kemangi, agar khasiat tersebut benar-benar ampuh.

4. Mencerahkan kulit kusam

Kandungan Vitamin C pada kemangi memiliki manfaat untuk mencerahkan wajah yang kusam akibat sering terpapar sinar matahari.

Mencuci wajah setiap pagi dengan menggunakan rebusan air kemangi setelah bangun tidur dan malam sebelum tidur dapat mencerahkan kulit yang kusam.

Kandungan Vitamin C akan mempercepat proses regenerasi kulit sehingga sel kulit mati yang menempel dapat segera diangkat dan kulit tampak cerah.

Itulah beberapa khasiat daun kemangi dalam rangka merawat kulit pada tubuh.

Tinggalkan Komentar