Bersama Gubernur Ehime, Nurdin Abdullah Siap Penuhi Permintaan Jokowi

Makassar, PANRITA.News – Permintaan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) untuk mengembangkan jeruk Benny Maddona Jepang akan segera diwujudkan Nurdin Abdullah di Sulsel.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah berharap momentum ini dimanfaatkan, karena menurutnya Provinsi Ehime dan Sulsel ada kesamaan. Pertama Ehime adalah daerah yang sangat terkenal untuk sektor pertaniannya, jeruk nomor satu di Jepang ada di Ehime, salah satunya jeruk yang diberi nama Benny Maddona. 

Bahkan jeruk ini sempat disajikan saat Presiden berkunjung ke Makassar di kediaman Wakil Presiden (JK). Presiden berharap jeruk tersebut bisa dikembangkan di Indonesia. 

Kesamaan kedua, lanjutnya, yakni Jepang dan Indonesia sebagai negara kepulauan dan Sulsel memiliki ratusan pulau hampir sama dengan Ehime. Hanya saja Ehime bisa menjadi pusat pengembangan budidaya ikan terbesar di Jepang dan terbaik.

“Nah ilmu ini yang harus kita ambil. Ini bisa kita transfer teknologi dan knowledge kalau kita melalui (ada) kerjasama. Alhamdulillah, hari ini (kemarin) kita sudah tandatangani tinggal kita bagaimana menjalankan komitmen ini,” ungkap Nurdin Abdullah, Rabu (16/1/2019).

Terpisah, Gubernur Ehime, Nakamura menyampaikan kunjungan ini adalah pertama kali. Sebenarnya dari dulu dia sudah punya keinginan kuat untuk melakukan kunjungan, akhirnya saat ini terwujud bersama-sama pimpinan-pimpinan atau wakil pengusaha ke Sulsel.

“Difasilitasi oleh kalangan swasta yang ada di Ehime, selama ini hubungan antara kita sudah terjalin dengan baik, melalui Kabupaten Bantaeng. Dan karena Bapak Nurdin sudah menjabat sebagai Gubernur Sulsel kami sangat berharap akan menjalin hubungan lebih besar lagi,” paparnya.

Namun sebenarnya menurutnya, pada bulan November lalu, masa baktinya sebagai gubernur sudah berakhir. 

“Tapi karena Bapak Nurdin diangkat sebagai Gubernur Sulsel saya juga tidak mau kalah dan saya juga akan berusaha. Dan selama empat tahun ke depan saya akan menjabat sebagai Gubernur di Ehime,” sebutnya yang disambut tepuk tangan.

Diketahui, dijelaskannya bahwa Prefektur Ehime dengan Provinsi Sulsel telah melakukan penandatanganan pada sebuah perjanjian untuk menjalin kerjasama yang baru.