Diberi Gelar ‘Puto Manai’ oleh Ammatoa, Ini Harapan Nurdin Halid untuk Bulukumba

Nurdin Halid

Nurdin Halid

PANRITA.News – Bakal Calon Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Halid disambut baik ketika kembali menginjakkan kaki di Butta Panrita Lopi, Kamis (16/11/17). Saat Kunjungannya, NH yang menyempatkan diri menemui Tokoh adat Kajang dan Masyarakat Kajang didampingi Pengurus DPD II Golkar Kabupaten Bulukumba.

Dalam pertemuannya, NH diberi Gelar “Puto Manai” oleh Ammatoa di Kajang. Itulah yang membuat Ketua Harian Golkar ini merasa bangga dan menganggap dirinya sudah menjadi bagian dari masyarakat Bulukumba.

Oleh karena itu, Bakal Calon Gubernur Sulawesi selatan yang akan didampingi oleh Aziz Qahhar ini menaruh harapan besar untuk Bulukumba yang dituliskan melalui Halaman Facebooknya ‘Nurdin Halid‘.

Bulukumba, Bumi Panrita Lopi. Saya hadir disambut Tokoh Adat Kajang, Ketua dan Pengurus DPD II Golkar Bulukumba, H. A.Hamka Pangki, Ketua Masyarakat Kajang Samsuddin Baba. Sambutan hangat Masyarakat Bulukumba dimulai dengan tarian dari Kajang.

Beberapa waktu lalu saya sempat silaturahmi kepada Ammatoa di Kajang, di Tana Toa saya diberi gelar sebagai Puto Manai. Sebuah nama yang memiliki makna mendalam bagi saya. Karenanya, Saya sudah menjadi bagian dari masyarakat Bulukumba. Saya adalah orang Bulukumba. Karenanya Saya akan berjuang demi saudaraku sekalian.

Selain Suku Kajang yang dikenal karena keteguhannya menjaga adat istiadat warisan leluhur. Di Bumi Panrita Lopi juga merupakan satu wilayah yang dikenal. Disinilah Kapal Pinisi yang bersejarah dibuat. Pinisi adalah Kapal hasil ciptaan Masyarakat Sulsel, Ia adalah kebudayaan yang harus lestari. Sebab Pinisi adalah kebanggaan Masyarakat Sulsel sebagai Pelaut Ulung. Pinisi-lah yang mampu mengantarkan Pelaut kita sampai ke Eropa.

Disini, di tempat Pinisi dibuat, Saya berikrar dalam diri untuk membawa Sulsel sebagai Pinisi yang mampu membawa segenap Masyarakat berlayar mengarungi samudra perjalanan hingga dikenal dunia. Tak hanya Eropa, tapi seluruh Dunia akan tahu Sulawesi Selatan.

Inilah semangat dari Bumi Panrita Lopi. Karenanya, dalam kesempatan yang berbahagia ini, Saya “mappatabe’ untuk memohon restu dari Bumi Panrita Lopi. Izinkan Nurdin Halid, Puto Manai sebagai bagian dari Masyarakat Bulukumba bersama Ustadz Aziz mewujudkan pemerataan, memangkas ketimpangan dan membawa Sulsel dikenal Dunia. InsyaAllah.

Leave a Reply